>>>>> DOWNLOAD .DOC<<<<<
LAPORAN
AKHIR PRAKTIKUM
Mata Praktikum : Algoritma & Pemrograman 2 A (AP2A)
Kelas : 1IA20
Praktikum ke- : 4
Tanggal : 17 april 2015
Materi : Animasi Pada Delphi
NPM : 53414057
Nama : Didi Mulyadi
Ketua Asisten : Chairul U
Nama Asisten :
Paraf Asisten :
Jumlah Lembar : 10 lembar

LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
Listing Program.





Listing Tombol dan logika:
-
FORM 1
Button
Login
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
hit:=hit+1;
if
hit>3 then
begin
showmessage('Kesalahan
input sudah 3X');
showmessage('Program
keluar...');
application.Terminate;
end;
if
Edit1.text = '1234' then
begin
showmessage('Selamat
datang...');
Form1.hide;
Form2.show;
end
else
begin
showmessage('Salah
input...');
end;
end;
Blok program diatas menggunakan percabangan
pada Delphi. Kemudian membuat varibel hit dengan nilai hit +1 . Kemudian menggunakan
percabangan if dengan kondisi hit>3 maka akan menampilkan pesan keluar
menggunakan show message dan keluar dari program. Kemudian menggunakan if
dengan kondisi jika edit1.caption adalah 1234 maka akan menampilakn pesan
“selamat datang “, menutup form 1 dan membuka form 2, dan else jika bukan
1234 maka akan menampilkan pesan “salah input pada show message.
procedure
TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
showmessage('Terima
kasih :)');
Form1.free;
application.Terminate;
end;
end.
Blok program diatas digunakan untuk
mengakhiri program yang sedang berjalan dan menampilkan pesan terima kasih
pada show message.
-
FORM 2
Menu
procedure
TForm2.Garis1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Hide;
Form3.Show;
end;
procedure
TForm2.rafficLight1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Hide;
Form4.Show;
end;
procedure TForm2.Image1Click(Sender:
TObject);
begin
Form2.Hide;
Form6.Show;
end;
procedure
TForm2.Exit1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Free;
Application.Terminate;
end;
end.
Pada blok program menu diisi dengan
mengeluarkan form2 dan memanggil form
lain yang kita tuju.seperti form 2 hide , berarti menyembunyikan form 2 dan
menampilkan form lain .
Timer
begin
if Label1.Visible = true then Label1.Visible := false
else Label1.Visible:=true;
end;
if kiri=true then
posisi:=posisi+10
else
posisi:=posisi-10;
if posisi>275 then
kiri:=false;
if posisi<6 then
kiri:=true;
Label1.Left:=posisi;
end;
Pada blok program diatas menggunakan
fitur timer dalam membuat suatu animasi sehingga label1.visible akan menjadi
animasi sederhana dengan menggunakan fitur timer.
-
FORM 3
Start
procedure
TForm3.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
Timer1.Enabled:=true;
end
Pada blok program start
digunakan untuk mengaktifkan timer1, sehingga timer 1 akan mengeksekusi isi
perintah pada timer 1.
Stop
procedure
TForm3.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin
Timer1.Enabled:=false;
end;
Pada blok program stop digunakan untuk
menonaktifkan timer1, sehingga timer 1 akan
berhenti mengeksekusi isi perintah pada timer 1.
Timer1
procedure
TForm3.Timer1Timer(Sender: TObject);
var
xstart,ystart,xend,yend:integer;
begin
xstart:=random(Form2.Width);
ystart:=random(Form2.Height);
xend:=random(Form2.Width);
yend:=random(Form2.Height);
canvas.Pen.Color:=rgb(random(255),random(255),random(255));
canvas.Pen.Width:=10;
Form3.Cursor:=crnone;
canvas.MoveTo(xstart,ystart);
canvas.LineTo(xend,yend);
end;
Blok program timer di diatas di
gunakan untuk membuat animasi garis
menggunakan canvas.pen.color secara random , dan membuat varibel bertipe
integer .sehingga animasi garis dapat berjalan baik.
-
FORM 4
Timer1
procedure
TForm4.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
hit
:= hit+1;
if
hit=16 Then
begin
hit
:= 0;
end;
Pada blok program diatas membuat
variabel hit dan mengisinya dengan hit +1 kemudian jika hit sudah mencapai 16
maka akan kembali ke 0.
if (hit > 0) and (hit < 6) then
begin
Shape2.Brush.Color := clRed;
Shape3.Brush.Color := clBlack;
End
Pada blok diatas menggunakan if
dengan kondisi jika hit>=0 dan <6 maka shape2 akan menganti color
menjadi merah dan shape3 akan berubah menjadi hitam.
else if (hit >= 6) and (hit < 8)
Then
begin
Shape2.Brush.Color := clBlack;
Shape3.Brush.Color := clYellow;
End
Pada blok diatas menggunakan else if
dengan kondisi jika hit>=6 dan <8 maka shape2 akan menganti color
menjadi hitam dan shape3 akan berubah menjadi kuning.
else if (hit >= 8) and (hit < 13)
Then
begin
Shape3.Brush.Color := clBlack;
Shape4.Brush.Color := clGreen;
End
Pada blok diatas menggunakan else if
dengan kondisi jika hit>=8dan <13 maka shape3 akan menganti color
menjadi hitam dan shape4 akan berubah menjadi hijau.
else
Shape4.Brush.Color := clBlack;
Shape3.Brush.Color := clYellow;
end;
Pada blok diatas menggunakan else
dengan kata lain kondisi yang salah makan akan memberikan perintah shape4
akan menganti color menjadi hitam dan shape3 akan berubah menjadi kuning.
-
FORM 5
procedure
TForm6.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if
Label1.Visible = true then
Label1.Visible:=
false
else
Label1.Visible:=true;
if
Label2.Visible = true then
Label2.Visible:=
false
else
Label2.Visible:=true;
end;
Pada form 5 ini membuat animasi
teks yang berkedip menggunakan timer percabangan
if dengan kondisi jika label1 =true
maka label 1 false , kemudian else dan label1 menjadi true sehingga label 1
akan berkedip. Begitu pula pada label 2 .
|
Output Program :







No comments:
Post a Comment