Monday, June 20, 2016

LA AP2A Pertemuan 4

 >>>>> DOWNLOAD .DOC<<<<<
LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM


Mata Praktikum          :  Algoritma & Pemrograman 2 A (AP2A)
Kelas                           :  1IA20
Praktikum ke-              :  4
Tanggal                        :  17 april 2015
Materi                          :  Animasi Pada Delphi
NPM                           :  53414057
Nama                           :  Didi Mulyadi
Ketua Asisten              :  Chairul U
Nama Asisten              :
Paraf Asisten               :
Jumlah Lembar            :  10  lembar












LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
Listing Program.

   




Listing Tombol dan logika:

-          FORM 1
Button Login
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
hit:=hit+1;

if hit>3 then
begin
showmessage('Kesalahan input sudah 3X');
showmessage('Program keluar...');
application.Terminate;
end;

if Edit1.text = '1234' then
begin
showmessage('Selamat datang...');
Form1.hide;
Form2.show;
end
else begin
showmessage('Salah input...');
end;
end;
           
        Blok program diatas menggunakan percabangan pada Delphi. Kemudian membuat varibel hit dengan nilai hit +1 . Kemudian menggunakan percabangan if dengan kondisi hit>3 maka akan menampilkan pesan keluar menggunakan show message dan keluar dari program. Kemudian menggunakan if dengan kondisi jika edit1.caption adalah 1234 maka akan menampilakn pesan “selamat datang “, menutup form 1 dan membuka form 2, dan else jika bukan 1234 maka akan menampilkan pesan “salah input pada show message.
 procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
showmessage('Terima kasih :)');
Form1.free;
application.Terminate;
end;
end.                
        Blok program diatas digunakan untuk mengakhiri program yang sedang berjalan dan menampilkan pesan terima kasih pada show message.
-          FORM 2
Menu
procedure TForm2.Garis1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Hide;
Form3.Show;
end;

procedure TForm2.rafficLight1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Hide;
Form4.Show;
end;

procedure TForm2.Image1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Hide;
Form6.Show;
end;

procedure TForm2.Exit1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Free;
Application.Terminate;
end;

end.
        
          Pada blok program menu diisi dengan mengeluarkan form2 dan memanggil  form lain yang kita tuju.seperti form 2 hide , berarti menyembunyikan form 2 dan menampilkan form lain .

Timer

          begin
          if Label1.Visible = true then Label1.Visible := false
          else Label1.Visible:=true;
          end;
          if kiri=true then
          posisi:=posisi+10
          else
          posisi:=posisi-10;
          if posisi>275 then
          kiri:=false;
          if posisi<6 then
          kiri:=true;
          Label1.Left:=posisi;
  end;
         Pada blok program diatas menggunakan fitur timer dalam membuat suatu animasi sehingga label1.visible akan menjadi animasi sederhana dengan menggunakan fitur timer.
-          FORM 3
Start
procedure TForm3.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
Timer1.Enabled:=true;
end
             Pada blok program start digunakan untuk mengaktifkan timer1, sehingga timer 1 akan mengeksekusi isi perintah pada timer 1.
            Stop
            procedure TForm3.BitBtn2Click(Sender: TObject);
            begin
            Timer1.Enabled:=false;
end;

            Pada blok program stop digunakan untuk menonaktifkan timer1, sehingga timer 1 akan  berhenti mengeksekusi isi perintah pada timer 1.
               Timer1
procedure TForm3.Timer1Timer(Sender: TObject);
var
xstart,ystart,xend,yend:integer;
begin
xstart:=random(Form2.Width);
ystart:=random(Form2.Height);
xend:=random(Form2.Width);
yend:=random(Form2.Height);
canvas.Pen.Color:=rgb(random(255),random(255),random(255));
canvas.Pen.Width:=10;
Form3.Cursor:=crnone;
canvas.MoveTo(xstart,ystart);
canvas.LineTo(xend,yend);
end;
           Blok program timer di diatas di gunakan untuk  membuat animasi garis menggunakan canvas.pen.color secara random , dan membuat varibel bertipe integer .sehingga animasi garis dapat berjalan baik.
-          FORM 4
Timer1
procedure TForm4.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
hit := hit+1;
if hit=16 Then
begin
hit := 0;
end;
        Pada blok program diatas membuat variabel hit dan mengisinya dengan hit +1 kemudian jika hit sudah mencapai 16 maka akan kembali ke 0.
if (hit > 0) and (hit < 6) then
begin
Shape2.Brush.Color := clRed;
Shape3.Brush.Color := clBlack;
End
         Pada blok diatas menggunakan if dengan kondisi jika hit>=0 dan <6 maka shape2 akan menganti color menjadi merah dan shape3 akan berubah menjadi hitam.
else if (hit >= 6) and (hit < 8) Then
begin
Shape2.Brush.Color := clBlack;
Shape3.Brush.Color := clYellow;
End
         Pada blok diatas menggunakan else if dengan kondisi jika hit>=6 dan <8 maka shape2 akan menganti color menjadi hitam dan shape3 akan berubah menjadi kuning.

else if (hit >= 8) and (hit < 13) Then
begin
Shape3.Brush.Color := clBlack;
Shape4.Brush.Color := clGreen;
End
         Pada blok diatas menggunakan else if dengan kondisi jika hit>=8dan <13 maka shape3 akan menganti color menjadi hitam dan shape4 akan berubah menjadi hijau.

else
Shape4.Brush.Color := clBlack;
Shape3.Brush.Color := clYellow;
end;
         Pada blok diatas menggunakan else dengan kata lain kondisi yang salah makan akan memberikan perintah shape4 akan menganti color menjadi hitam dan shape3 akan berubah menjadi kuning.
-          FORM 5
procedure TForm6.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if Label1.Visible = true then
Label1.Visible:= false
else
Label1.Visible:=true;
if Label2.Visible = true then
Label2.Visible:= false
else
Label2.Visible:=true;
end;
            Pada form 5 ini membuat animasi teks yang berkedip menggunakan timer  percabangan if  dengan kondisi jika label1 =true maka label 1 false , kemudian else dan label1 menjadi true sehingga label 1 akan berkedip. Begitu pula pada label 2 .

Output Program :

                 
 



                                    


No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Mengukur Kehandalan Web Hosting dari Sisi Uptime dan Downtime

Untuk menjalakan semua itu diperlukan kehandalan dari sisi server dan sumber daya manusia pengelola web hosting namun secara umum untuk dap...