>>>> DOWNLOAD .DOC<<<<
import java.util.Scanner;
public class MenuLuas
{
static double luas,p,l,a,t;
static Scanner input = new Scanner(System.in);
static double hitung_persegi(double pnj, double lbr)
{
double luas = pnj*lbr;
return luas;
}
static double hitung_segitiga(double als, double tng)
{
double luas = als*tng*0.5;
return luas;
}
static double hitung_lingkaran(double jari)
{
double luas = jari*jari*3.14;
return luas;
}
static void clear ()
{
for(int i = 0; i <10; i++)
{
System.out.println("\n\n\n\n\n\n");
}
}
static void menu()
{
System.out.println ("========================");
System.out.println (" MENU
");
System.out.println ("========================");
System.out.println (" 1. Luas Persegi Panjang ");
System.out.println (" 2. Luas Segitiga ");
System.out.println (" 3. Luas Lingkaran ");
System.out.println (" 4. exit ");
System.out.println ("+========================");
System.out.print("Masukkan pilihan
anda : ");
int pilih = input.nextInt();
switch(pilih)
{
case 1:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Persegi Panjang\n");
System.out.println("======================================");
System.out.print("Masukkan
Panjang = ");
p = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan
Lebar = ");
l = input.nextDouble();
System.out.println("=======================================");
System.out.println("Luas
Persegi Panjang = "+hitung_persegi(p,l));
break;
case 2:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Segitiga\n");
System.out.println("==============================");
System.out.print("Masukkan
Alas =
");
a = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan
Tinggi = ");
t = input.nextDouble();
System.out.println("==============================");
System.out.println("Luas
Segitiga = "+hitung_segitiga(a,t));
break;
case 3:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Lingkaran\n");
System.out.println("================================");
System.out.print("Masukkan
Jari-Jari = ");
double j = input.nextDouble();
System.out.println("================================");
System.out.println("Luas
Lingkaran =
"+hitung_lingkaran(j));
break;
case 4:
System.out.println("Thanks");
System.exit(0);
break;
default:
System.out.println("Maaf
pilihan Anda tidak tersedia "+pilih);
break;
}
System.out.println("\n");
tanya();
}
static void tanya()
{
System.out.print("Kembali Lagi Ke Menu
(y/n)\n((1 = Ya) atau (2 = Keluar)\nPilihan Anda : ");
double tny = input.nextDouble();
if (tny==1)
{
clear();
menu();
}
else
{
System.exit(0);
}
}
public static void main (String[]args)
{
clear();
menu();
}
}
|
Logika Program :
import java.util.Scanner;
public class MenuLuas
Pada program diatas import java.util.Scaner merupakan
library pada java yang mana kita menggunakan package berupa scanner, berfungsi
sebagai media input yang menggunakan scanner pada java, kemudian public class MenuLuas . merupakan suatu
nama class pada java tersebut sehingga jika nama class java tersebut adalah MenuLuas maka, penamaan java pada
program ini harus menggunakan nama class seperti MenuLuas.java .
static double luas,p,l,a,t;
static Scanner input =
new Scanner(System.in);
static double
hitung_persegi(double pnj, double lbr)
{
double
luas = pnj*lbr;
return
luas;
}
static void clear ()
{
for(int i
= 0; i <10; i++)
{
System.out.println("\n\n\n\n\n\n");
}
}
Pada blok program diatas merupakan
suatu rumus dan kondisi dimana program akan menginput dengan menggunakan
scanner untuk melakukan tindakan pada case yang dibuat setelah program ini ,
sehingga program case akan menscan variabel pada program ,sehingga program diatas berfungsi untuk menghitung luas dari
caseyang diminta . seperti case 1 yaitu luas persegi , maka akan langsung
mencari rumus pada program di atas dan mengeksekusinya. for(a=0; a<n; a++) merupakan suatu pengulangan dimana variabel
a =0 a lebih kecil dari variabel n .
static void menu()
{
System.out.println ("========================");
System.out.println (" MENU
");
System.out.println ("========================");
System.out.println (" 1. Luas Persegi Panjang ");
System.out.println (" 2. Luas Segitiga ");
System.out.println (" 3. Luas Lingkaran ");
System.out.println (" 4. exit ");
System.out.println ("+========================");
System.out.print("Masukkan
pilihan anda : ");
int
pilih = input.nextInt();
}
pada blok diatas berfungsi untuk
mencetak seperti System.out.println ("========== ================="); akan
mencetak garis ==========================
, kemudian System.out.print("Menu
"); akan mencetak Menu dan begitu seterusnya. sedangkan int
pilih= input.nextInt(); berfungsi untuk menginput variabel n dengan
bilangan integer ,
switch(pilih)
{
case
1:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Persegi Panjang\n");
System.out.println("======================================");
System.out.print("Masukkan
Panjang = ");
p
= input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan
Lebar = ");
l
= input.nextDouble();
System.out.println("=======================================");
System.out.println("Luas
Persegi Panjang = "+hitung_persegi(p,l));
break;
case
2:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Segitiga\n");
System.out.println("==============================");
System.out.print("Masukkan
Alas =
");
a
= input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan
Tinggi = ");
t
= input.nextDouble();
System.out.println("==============================");
System.out.println("Luas
Segitiga = "+hitung_segitiga(a,t));
break;
case
3:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Lingkaran\n");
System.out.println("================================");
System.out.print("Masukkan
Jari-Jari = ");
double
j = input.nextDouble();
System.out.println("================================");
System.out.println("Luas
Lingkaran =
"+hitung_lingkaran(j));
break;
case
4:
System.out.println("Thanks");
System.exit(0);
break;
default:
System.out.println("Maaf
pilihan Anda tidak tersedia "+pilih);
break;
}
System.out.println("\n");
tanya();
}
Sedangkan
pada blok blok program diatas merupakan program swictcase yang di mana kita
dapat mengeksekusi program yang hanya
kita butuh kan untuk mengeksekusinya tanpa mengeksekusi yang tidak kita
butuhkan , yaitu berupa pilihan menu seperti blok program sebelumnya yang akan
menuju program case yang dibutuhkan seperti case 1 , maka program akan
mengeksekusi case 1 , karna di case 1 terdapat :
case 1:
System.out.print("\nAnda
Pilih Luas Persegi Panjang\n");
System.out.println("======================================");
System.out.print("Masukkan
Panjang = ");
p
= input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan
Lebar = ");
l
= input.nextDouble();
maka akan
tercetak “anda pilih luas persegi
panjang” dan kemudian tercetak “masukan panjang=” , ketika itu kita langsung
memasukan nilai sesuai yang kita inginkan dan scanner program pertama akan
menscan dan memproses nya di blok program yang mempunyai rumus tersebut.begitu
seterusnya , kecuali case 4 , karna case 4 akan langsung memperoses untuk
keluar dan mencetak ‘thanks’.
static void tanya()
{
System.out.print("Kembali
Lagi Ke Menu (y/n)\n((1 = Ya) atau (2 = Keluar)\nPilihan Anda : ");
double tny
= input.nextDouble();
if
(tny==1)
{
clear();
menu();
}
else
{
System.exit(0);
}
}
public static void
main (String[]args)
{
clear();
menu();
}
}
Pada blok program
diatas merupakan class Tanya dimana pada program ini kita dapat menentukan
apakah kita ingin kembali ke menu atau ingin keluar setelah kita selesai
membuat salah satu luas bangunan yang terdapat pada menu , jika kita pilih
angka “1” maka kita kembali ke menu
mengunakan program if-else ,yang dimana if 1 tny==1 maka kita kembali kemenu
sedangkan else maka kita memperoses ke system.exit();.
No comments:
Post a Comment