Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Jenis-jenis blog:
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
- Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
- Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Pengertian Blogosphere
Blogosphere adalah suatu interkoneksi / interaksi antar blog yangg tergabung dalam sebuah domain dan domain tersebut tergabung dalam lingkup jaringan / internet, Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top site, blogspot termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, blog hoby , blog forum, blog komunitas, blog iformasi dll.Istilah Blogosphere muncul pada tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002, walaupun lahir dari sebuah lelucon keberadaan Blogosphere kini menjadi sebuah ikon bagi blogger, banyak blogger yang menganggap belum lengkap bila seorang blogger belum tergabung ke dalam komunitas Blogosphere hingga jadi ikon eksistensinya dalam dunia blogging.( apa benar begitu..??? )
Manfaat Blogosphere ini tak lepas kaitannya dari SEO ( Search Engine Optimization ), layaknya sebuah komunitas keberadaan Blogosphere memberikan jalinan komunikasi antar blogger, membuat akses posting yg popular dan menjadi sebuah trend, atau mengupdate suatu bahasa dan kosakata untuk sebuah komunitas blog sehingga menjadi kepopuleran tersendiri.
Menulis konten yg terpublikasikan pada suatu Blogosphere akan membuat sesuatu yang berbeda tetapi konten tersebut harus asli dari karya blogger itu sendiri tanpa full Copas atau bisa disebut full repost. Para pembaca dan juga para Blogger akan lebih menghargai tulisan hasil karya sendiri tanpa adanya copy paste tulisan sepenuhnya, dikarenakan para blogger akan sangat dan mungkin merasa terganggu dengan adanya konten yang hanya bisa mengandalkan post ulang dengan materi dan isi yang sepenuhnya sama dengan blog yang telah terpublikasi sebelumnya.
Para pembaca atau bisa dibilang konsumen akan merasa jenuh apabila konten dariweblog tersebut antara satu dengan yang lainnya sama tanpa ada eksplorasi dan kreasi sendiri dalam membuat suatu konten yang bermutu. Walaupun Konten yang kita berikan tidak sebarapa bagus dari apa yang sudah diberikan pada weblog lainnya akan tetapi konten tersebut akan lebih bisa dihargai dan dapat lebih dinikmati oleh para pembaca dan para peselancar interent untuk mencari berita dan informasi. Konten yang Original juga akan menjadikan mesin pencari seperti halnya Si mbah Google lebih friendly atau menghargai weblog tersebut walaupun konten dari weblog tidak lebih baik dari weblog yang hanya bisa copy paste atau translate dari bahasa lain ke bahasa yang dituturkan dan disampaikan oleh blogger tersebut.
Para pembaca atau bisa dibilang konsumen akan merasa jenuh apabila konten dariweblog tersebut antara satu dengan yang lainnya sama tanpa ada eksplorasi dan kreasi sendiri dalam membuat suatu konten yang bermutu. Walaupun Konten yang kita berikan tidak sebarapa bagus dari apa yang sudah diberikan pada weblog lainnya akan tetapi konten tersebut akan lebih bisa dihargai dan dapat lebih dinikmati oleh para pembaca dan para peselancar interent untuk mencari berita dan informasi. Konten yang Original juga akan menjadikan mesin pencari seperti halnya Si mbah Google lebih friendly atau menghargai weblog tersebut walaupun konten dari weblog tidak lebih baik dari weblog yang hanya bisa copy paste atau translate dari bahasa lain ke bahasa yang dituturkan dan disampaikan oleh blogger tersebut.
Jadi Intinya para blogger / anggota dari Blogosphere atau komunitas dari suatu domain kolektif akan lebih menghargai blogger yang dapat memberikan konten original dari ide dan kreatifitas oleh bloggeritu sendiri, dengan nota bene informasi yang diberikan oleh weblog dan blogger lainnya yang memberikan konten menjadi inspirasi dan menjadi sumber ide untuk membuat konten yang berisi untuk sebuah weblog, bahkan mesin pencari seperti Google yang beroperasi secara otomatis dapat mengetahui mana konten yang original dan mana konten yang hanya bisa salin dan tempel.
sumber: http://yasiendt.blogspot.co.id/2014/05/struktur-web.html
No comments:
Post a Comment