Pengertian dan Cara Kerja Iklan Kontekstual,- Iklan kontekstual adalah bentuk iklan yang ditargetkan agar iklan muncul di website atau media lain seperti konten yang ditampilkan pada browser mobile, Iklan-iklan kontekstual ini sendiri dipilih dan dilayani oleh sistem otomatis berdasarkan konten yang ditampilkan kepada pengguna atau pengunjung website
Sistem iklan kontekstual adalah memindai kata kunci dalam teks disebuah website tertentu yang kemudian memberikan atau mengembalikan atau menampilkan iklan kedalam website tersebut berdasarkan kata kunci yang dicari pengunjung, iklan kontekstual ini ditampilkan dalam sebuah halaman website, misalnya ketika pengunjung mencari sesuatu di internet dengan mengetikan kata kunci tertentu di halaman pencari maka akan diarakan kesebuah website yang memuat iklan kontekstual tersebut, selain itu iklan kontekstual bisa berupa iklan yang langsung dipasangkan oleh penyedia website iklan atas permintaan pemasang iklan.
Bentuk Iklan kontekstual merupakan bentuk iklan yang ditargetkan di mana isi dari iklan berhubungan langsung dengan isi halaman website yang pengguna melihat, jika Anda mengunjungi sebuah website tentang perjalanan di Eropa dan melihat iklan muncul di website tersebut menawarkan harga khusus tiket penerbangan ke Inggris maka itulah bentuk iklan kontekstual, Iklan kontekstual juga disebut teknologi “In-Text” iklan atau “In-Konteks”.
Penyedia layanan Iklan Kontekstual
Google AdSense adalah yang pertama menerapkan jaringan periklanan kontekstual, didalam Google AdSense terdapat unit-unit iklan yang masing-masingnya bisa menghasilkan sebuah kode dalam bentuk JavaScript yang ketika ditempatkan didalam halaman website akan menampilkan iklan yang relevan dari pengiklan yang telah mengikuti periklanan Google atau yang disebut Google AdWords, teknologi terbaru telah muncul dengan sistem yang lebih canggih yang menggunakan algoritma pola kedekatan bahasa-independen yang cocok untuk meningkatkan akurasi pencocokan iklan dengan kata kunci yang dicari, sejak munculnya AdSense, Jaringan Iklan Kontekstual Yahoo! Bing , Microsoft adCenter, dan lain-lain kemudian membentuk system penawaran yang sama.
Dampak Iklan Kontekstual
Iklan kontekstual telah membuat dampak yang besar pada pendapatan banyak website baik website pemasang iklan, website penyedia program periklanan dan webite penayang iklan karena iklan yang lebih tertarget dan iklan lebih memungkinkan untuk diklik, sehingga menghasilkan pendapatan bagi pemilik website, sebagian besar pendapatan Google berasal dari pangsa iklan kontekstual yang disajikan pada jutaan halaman web yang mengikuti program AdSense.
dari program AdSense para publisher berlomba-lomba untuk membuat konten yang kaya informasi, menarik, unik dan relevan dengan kata kunci yang telah ditergetkan para advertiser atau pemasang iklan, dengan begini iklan kontekstual tidak hanya menguntungkan pihak pemasang iklan dan pihak penyedia iklan namun juga menguntungkan bagi para pemilik website yang menampilkan iklan terebut dimana mereka dibayar untuk setiap iklan yang di klik atau yang sering disebut dengan iklan PPC ( Pay Per Click )
sumber: http://indosmartwebhosting.com/blog/pengertian-dan-cara-kerja-iklan-kontekstual/
Sekarang memang sudah sangat banyak sekali jaringan iklan dengan format kontekstual. Terima kasih informasinya. Semakin menambah wawasan kami perihal jaringan iklan yang saat ini main menjamur.
ReplyDeleteJika ada waktu luang silakan mampir ke blog kami.