Monday, June 20, 2016

LA AP2 A Pertemuan 8

                                                  >>>>>  DOWNLOAD .DOC <<<<<<

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM


Mata Praktikum          :  Algoritma & Pemrograman 2 A (AP2A)
Kelas                           :  1IA20
Praktikum ke-              :  8
Tanggal                        :  11 juni 2015
Materi                          :  Review 1-7
NPM                           :  53414057
Nama                           :  Didi Mulyadi
Ketua Asisten              :  Chairul U
Nama Asisten              :
Paraf Asisten               :
Jumlah Lembar            :   7 lembar












LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



Listing Program
         

         


   

Listing Tombol dan logika:

Form 1

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
hit:=hit+1;

if hit >3 then
begin
showmessage('anda sudah 3x salah');
showmessage('program berakhir');
application.Terminate;
end;
            Pada blok program diatas digunakan untuk membatasi kesalahan input menggunakan var hit yang nilainya bertambah 1 , dan jika hit bernilai lebih dari 3 makan program akan menampilkan pesan “sudah 3x salah” “program berakhir” dan program akan keluar.

if Edit1.Text = '123456' then
begin
showmessage('selamat datang..');
form1.hide;
form2.show;
end
else begin
showmessage('password salah');
end;
end;
            Pada blok program diatas digunakan untuk member kondisi pada password yang dimasukan jika password ‘123456’ maka program akan menampilkan pesan “selamat datang” , kemudian  menyembunyikan form1 dan menampilkan form 2. Kemudian defautnya akan mencetak” password salah”.

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
showmessage('terimakasih');
application.Terminate;
end;
end.
Pada blok program diatas digunakan untuk menampilkan pesan”terimakasih”
Dan mengakhiri program.

Form 2

procedure TForm2.ProgramCetak1Click(Sender: TObject);
begin
form2.hide;
form3.show;
end;

procedure TForm2.ProgramKalkulator1Click(Sender: TObject);
begin
form2.hide;
form4.show;
end;

procedure TForm2.Animasi1Click(Sender: TObject);
begin
form2.hide;
form5.show;
end;

            Pada blok program form2 ini digunakan hanya untuk memilih menu yang kita inginkan dan akan memberikan perintah ke menu yang di tuju, dengan menggunakan hide dan show , menyembunyikan dan menampilkan .

Form 3

procedure TForm3.Button1Click(Sender: TObject);
begin
form3.hide;
form2.show;
end;
            Pada blok program diatas digunakan untuk menyembunyikan form3 dan menampilkan form2.

procedure TForm3.Button2Click(Sender: TObject);
begin
label2.caption := edit1.text;
end;
            Pada blok program ini digunakan untuk memberikan nilai pada label2 yang bernilai = edit1 jadi nilai edit 1 sama dengan juga label2 , atau dapat difungsikan untuk mencetak yang di input edit1.

procedure TForm3.Button3Click(Sender: TObject);
begin
showmessage('terimakasih');
application.Terminate;
end;

end.

Pada blok program diatas digunakan untuk menampilkan pesan”terimakasih”
Dan mengakhiri program.

Form 4

procedure TForm4.Button2Click(Sender: TObject);
begin
form4.Hide;
form2.show;
end;
            Pada blok program diatas digunakan untuk menyembunyikan form4 dan menampilkan form 2.

procedure TForm4.Button3Click(Sender: TObject);
begin
showmessage('terimakasih');
application.Terminate;
end;
            Pada blok program di atas digunakan untuk menampilkan pesan “terimakasih” dan mengakhiri program.

procedure TForm4.Button1Click(Sender: TObject);

begin
a:=StrToInt(Edit1.text);
b:=StrToInt(edit2.text);

Edit3.text:=IntToStr(a+b);
Edit4.text:=IntToStr(a*b);
Edit5.text:=IntToStr(a-b);
Edit6.text:=FloatToStr(a/b);

end;

end.
Pada blok program diatas digunakan untuk menghitung hasil dari aritmatika a dan b dengan memberikan nilai varibel a = str ke int dari edit1 dan varibel b str ke int dari edit2 dan edit3= int dari str a+b begitu seterusnya.

Form 5.

procedure TForm5.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
hit:=hit+1;
if hit=6 then
begin
hit:=0;
end;
            Pada blok program diatas digunakan untuk membatasi if agar menjadi perulangan dengan cara hit= hit+1 jika hit=6 maka nilai hit=0 lagi.

if hit<3 then
begin
Label1.Color:=clRed;
end
else begin
Label1.Color:=clGreen;
end;

end;

end.

            Pada blok program diatas digunakan untuk memberika efek warna pada label 1 dengan kondisi jika hi<3 maka label 1 berwarna merah, jika default maka label 1 berwarna hijau.





Output Program:


      

      

      

  
          
  





No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Mengukur Kehandalan Web Hosting dari Sisi Uptime dan Downtime

Untuk menjalakan semua itu diperlukan kehandalan dari sisi server dan sumber daya manusia pengelola web hosting namun secara umum untuk dap...