Efek Positif Sosial Media Terhadap Pemasaran Online :
– Komunitas, jika Anda memasarkan sebuah produk secara online dan ingin membentuk komunitas secara cepat maka sosial media adalah cara yang cepat, sosial media dapat menciptakan hubungan yang kuat antara Anda dan pemirsa.
– Lingkaran pemirsa yang bisa ditargetkan, didalam sosial media Anda dapat melihat detail audience yang akan dijadikan target mislanya data pekerjaan, umur, daerah, dan hobi yang merka miliki ( untuk pengguna sosial media indonesia mengenai hal ini harus benar-benar di analisa terlebih dahulu karena masih banyak yang memberikan data yang tidak akurat dibandingkan negara maju yang sudah lebih transparan )
– Kemudahan komunikasi dengan audience, sosial media memungkinkan Anda atau sebaliknya dapat berinteraksi secara mudah melalui kiriman pesan atau melalui chat langsung, mudahnya layanan kontak bagi calon pelanggan merupakan sebuah nilai plus bagi pemasaran online sebuah produk.
– Jika pemirsa dalam lingkaran sosial media Anda merasa puas maka mereka akan membantu memasarkan dan memperkenalkan produk Anda kepada yang lainnya sehingga informasi Anda bisa secara cepat diketahui banyak orang.
– Konten sosial media yang bisa diakses secara mobile, dibandingkan dengan konten lain seperti sebuah website, social media sudah lebih maju dalam hal dukungan untuk perangkat mobile seperti Smartphone, Tablet, ipad dll dengan begitu memudahkan siapa saja bisa megakses sebuah informasi darimana saja dan kapan saja.
JIka Anda bisa memanfaatkan kondisi diatas maka penjualan produk yang Anda tawarkan akan meningkat dengan tajam.
Namun efek sosial media terhadap pemasaran online tidak semata hanya berdampak positif namun juga bisa berdampak negatif terhadap merek produk yang dipromosikan
Efek negatif sosial media terhadap pemasaran online
– dalam sosial media orang bebas bicara dan mengemukakan pendapat termasuk bicara dan berpendapat negatif terhadap sebuah produk, ini tidak bisa dikendalikan, biasanya hal ini terjadi karena ketidak jujuran pemilik produk tentang kualitas produk yang dimiliki.
– Konten yang tidak terkendali, dikrenakan sosial media merupakan sebuah komunitas maka yang ada dalam lingkaran bisa jadi tidak hanya sebuah produk namun bisa berbagai produk yang muncul.
– Pesaing bisnis bisa memanfaatkan lingkaran komunitas sebuah produk secara mudah untuk menjatuhkan dengan memberikan testimoni atau pembicaraan lain yang buruk.
– Jadwal yang tidak terprediksi, dalam artian pemilik produk tidak bisa memprediksi kapan audience memberikan umpan balik terutama umpan balik yang negatif yang bisa langsung muncul dalam lingkaran sosial media Anda.
Pemasaran online melalui sosial media perlu diawasi secara teru menerus karena pengelola promosi tidak akan pernah tahu kapan pembicaraan negatif atau positif tentang produk yang Anda tawarkan muncul dan diketahui publik.
Saran :
– Sebelum memasarkan sebuah produk secara online melalui media sosial harus benar-benar diperhatikan tentang faktor kejujuran dan transparansi sebuah produk.
– Apakah pemasaran melalui media sosial ini memang layak untuk diterapkan terhadap produk Anda.
– Tidak hanya berpikir sebagai pemilik bisnis namun harus juga berpikir sebagai pengguna.
– Terus berinovasi dan tingkatkan manfaat produk
– Ketika merencanakan program pemasaran Anda harus berpikir ke depan dan harus dapat memprediksi bagaimana konsumen akan terlibat dengan merek produk, bagaimana produk tersebut diartikan konsumen, bagaimana akan ditafsirkan konsumen dan harus memikirkan sampai ke skenario terburuk, jika bisa menguasainya mungkin dapat menghindari bencana yang akan terjadi.
dan sekali lagi bahwa ketika melakukan promosi melalui media soial maka harus melakukan pengawasan secara teru menerus
Dampak diatas bukan hanya berbicara tentang media sosial seperti Facebook dan twitter semata dan tidak hanya berbicara ketika lingkaran sosial media masih dalam jumlah kecil namun berbicara tentang berbagai macam media sosial di internet yang jumlahnya sangat banyak baik dalam negri maupun luar negri seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, MySpace, Google Plus+, DeviantArt, LiveJournal, Tagged, Orkut, CafeMom, Ning, Meetup, myLife, Multiply dan lain-lain.
sumber: http://indosmartwebhosting.com/blog/efek-sosial-media-terhadap-pemasaran-online/
No comments:
Post a Comment